Young Living Independen Distributor

Cerita tentang seorang ibu 3 anak, PNS, Young Living Independen Distributor, cara mengelola keuangan, skincare, resep, craft

Daycare vs ART

3 Comments


Ingin bercerita sedikit nih tentang kepercayaan pengasuhan anak ke orang lain. Semenjak abang aa Opal mulai ditinggal prajabatan dan kemudian kerja, sy mempercayakan pengasuhan anak thd nenek dan ART sampai usia aa 1,5 th. Diumur segitu kita sdh gonta ganti ART sampai 4 kali, dan 2x hampir jadi. Setelah jenuh dengan ART maka saya mulai mencari alternatif lain. Kita tanya2 om google, dan pilihan jatuh ke daycare tumbuh kembang yg ada di perum Bumi Cimanggis Indah, searah dengan papa nya kerja.

Daycare ini bukan daycare profesional yg ada babysister n guru, daycare rumahan ini lebih mirip kumpulan anak yg ditinggal kerja yang dititipkan dirumah orang dan diasuh sm mba2. Biaya /bln 650k, dengan makan ditanggung mereka. Yah memang jauh diluar harapan si, cuma daripada gada yg lain. Tapi walaupun apa adanya, anak jadi lebih mandiri lo. Makan sendiri, beres2 sisa sampah, pakai n lepas baju sendiri. Dan tidak kalah pentingnya belajar melundungi temannya yg lebih kecil (belajar punya adek 😉 ).
Selama aa di daycare, semua pekerjaan rumah bubu dan papa yg kerjakan, tanpa asisten. Kekompakan swami istri sangat diperlukan. Jangan sampai semuanya menjadi tanggung jawab istri. Bukankah kita nikah sama2, bikin anak juga sama2, jd ya terima konsekuensi jg harus sama2. Jadi swami jangan cuma pengen enaknya doank 😁.
Setelah hampir 1.5 th aa di daycare, aa sudah punya adik lagi. Alhamdulillah. Selama saya cuti, saya memutuskan untuk melakukan semua pekerjaan rumah sendiri. Menjadi FTM dengan 2 anak dan tanpa asisten itu ternyata ga  mudah. Sering kali jenuh dan lelah. Kepengen ada hari libur, tapi yg namanya FTM tak mengenal kata libur.
Ketika masa cuti hampir habis, mulai lah kegalauan daycare vs ART kembali melanda. Semua ada + dan – nya. Ujung2nya saya memilih mencari ART dulu, kalo ga dapet2 ya terpaksa daycare. Daycare pilihan saya ada di RS Meilia Cibubur, namanya akahira. Aa seneng banget ada disana. Tapi harganya lumayan menguras kantong kalo harus nitipan 2 anak. Hehehe.
Dan alhamdulillah sekarang saya punya ART dirumah, masih ada hubungan keluarga dengan papa. Yah kalo ART memutuskan untuk keluar seperti ART yg sebelum2nya, saya langsung memutuskan untuk ke daycare saja 😉

Author: bubufelt

PNS, mom of 3, love crafting, cooking, and skin care and also finance

3 thoughts on “Daycare vs ART

  1. wah baru tau ada yg keq gini, makasih infonya

Leave a comment