Young Living Independen Distributor

Cerita tentang seorang ibu 3 anak, PNS, Young Living Independen Distributor, cara mengelola keuangan, skincare, resep, craft

Kegiatan Anak di SA Akhdor Insan Mulia Cimanggis

Leave a comment


Udah lama banget ya ga update disini. πŸ˜…πŸ˜…

Okay langsung aja ya pada topik pembahasan kali ini, yaitu meriew sekolah anak-anak. Akhdor Insan Mulia (AIM) pada awalnya adalah sekolah Islam biasa, namun pada tahun 2017 (kalo ga salah) sekolah ini bertransformasi utuh menjadi Sekolah Alam (SA). Apa sih bedanya sekolah alam dengan sekolah lainnya? Sebenernya sudah pernah saya bahas sedikit di postingan saya sebelumnya. Di postingan ini saya jelaskan beberapa perbedaan SA AIM dengan sekolah lain.

1. Ga ada buku paket

Pasti bunda bingung, kok bisa sih ga ada buku paketnya? Trus belajarnya pake apa donk? Saya juga awalnya berfikir begitu, namun ternyata ada worksheet sebagai gantinya buku paket. Apa itu worksheet? Worksheet itu lembar kerja, jadi setiap minggu nya guru membagikan jadwal anak untuk 1 minggu kedepan disertai dengan bahan materi dan worksheet yang bisa kita cetak sendiri. Lebih repot? Iya sih, tapi kalo mau ga dicetak juga ga apa2. Cuman saya lebih memilih untuk dicetak, agar anak ga sering pengang hp atau leptop.

2. Belajar Bersama Alam (BBA)

Namanya juga sekolah alam, ya belajarnya lebih sering di alam terbuka. Saya masih ingat ketika masuk tema lingkunganku, anak dikenalkan dengan lingkungan tidak sehat dengan terjun langsung ke lingkungan (maaf) kumuh. Berbeda dengan sekolah biasa yang hanya melihat dari gambar di buku saja, dengan terjun ke lapangan langsung, anak-anak diajarkan berbagi dengan sesama juga bisa lebih bersukur karena banyak yang lebih berkekurangan dari kita.

Contoh lainnya misalkan belajar menyusun kalimat (bahasa indonesia), anak-anak belajar sambil bermain sebuah permainan. Atau ketika belajar tentang tanaman, anak-anak akan dibawa ke taman dan menuliskan tanaman yang ada di sekitar. Fell nya lebih berasa, rasa syukurnya lebih ada apabila anak-anak melihat dan mengalaminya langsung, bukan hanya dari gambar atau cerita di buku paket.

3. Gardening dan Outbond

Gardening dan outbond dilakukan di tiap minggu. Kebayang ga, outbon kalo diluar harganya beraba? Nah disini anak-anak ikut outbond tiap minggu, tanpa perlu bayar lagi. Karena fasilitas outbond sudah disediakan di sekolah.

4. Tidak ada rangking

Untuk yang terakhir ini rasanya sekarang tidak hanya sekolah alam yang menerapkan ini, sudah banyak sekolah lain pun yang menerapkan yang sama. Karena setiap anak adalah juara di bidangnya masing-masing. ❀️❀️

Kesimpulannya anak-anak tidak terbebani dengan sekolah, anak-anak senang sekolah karena sekolah itu menyenangkan buat mereka. Rasanya segitu dulu untuk kali ini. Semoga bermanfaat

Author: bubufelt

PNS, mom of 3, love crafting, cooking, and skin care and also finance

Leave a comment